Gerakan 3A

Penjelasan kali ini menjelaskan wacana sejarah gerakan 3a, Tokoh gerakan 3a, isi gerakan 3a, semboyan gerakan 3a, klarifikasi lengkap gerakan 3a.

Gerakan Tiga A

Selama masa pendudukan Jepang, bangsa Indonesia dihentikan membentuk organisasi sendiri. Akan tetapi, Jepang sendiri membentuk organisasi-organisasi bagi rakyat Indonesia dengan maksud dipersiapkan untuk membantu Jepang.

Organisasi-organisasi ini pada alhasil berbalik melawan Jepang. Salah satu dan yang pertama ialah Gerakan Tiga A. Gerakan Tiga A merupakan organisasi propaganda untuk kepentingan perang Jepang.

Organisasi ini bangkit pada bulan April 1942. Pimpinannya ialah Mr. Sjamsuddin. Tujuan berdirinya Gerakan Tiga A ialah supaya rakyat dengan sukarela menyumbangkan tenaga bagi perang Jepang.
Penjelasan kali ini menjelaskan wacana sejarah gerakan  Gerakan 3a
3A


Semboyannya ialah Nippon cahaya Asia, Nippon pemimpin Asia, Nippon pelindung Asia. Untuk menunjang gerakan ini, dibuat Barisan Pemuda Asia Raya yang dipimpin Sukarjo Wiryopranoto.

Adapun untuk menyebarluaskan propaganda, diterbitkan surat kabar Asia Raya. Dalam menjalankam aksinya, Jepang berusaha untuk bekerja sama dengan para pemimpin bangsa Indonesia ( bersikap Kooperatif ).

Cara ini dipakai supaya para pemimpin nasional sanggup merekrut massa dengan gampang dan pemerintahan jepang sanggup mengawasi kinerja para pemimpin bangsa.

Tetapi gerakan Tiga A tidak bertahan lama, hal ini dikarenakan kurang menerima simpati dikalangan masyarakat Indonesia.

Sebagai penggantinya, pemerintah Jepang memperlihatkan kerjasama kepada tokoh – tokoh nasional bangsa Indonesia.

Dengan kerjasama ini pemimpin – pemimpin Indonesia yang ditahan sanggup dibebaskan, diantaranya Ir. Soekarno, Drs. Moch. Hatta, Sutan Syahrir dan lain lain.

Setelah kedok organisasi ini diketahui, rakyat kehilangan simpati dan meninggalkan organisasi tersebut. Pada tanggal 20 November 1942, organisasi ini dibubarkan.