Pengertian Dan Macam-Macam Pencemaran Lingkungan Beserta Dampaknya

Berikut ini yakni pembahasan ihwal dampak acara insan terhadap lingkungan yang mencakup penebangan hutan dan pencemaran lingkungan. Dan untuk pencemaran lingkungan meliputi; pengertian pencemaran lingkungan, dampak pencemaran lingkungan, macam macam pencemaran lingkungan.

Kebutuhan insan semakin bertambah. Manusia melaksanakan banyak sekali upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sayangnya, upaya-upaya yang dilakukan insan sering kali merusak lingkungan.

Ledakan penduduk menimbulkan peningkatan kebutuhan lahan dan pangan. Manusia berusaha membuka lahan dengan cara menebangi atau memperabukan hutan untuk memenuhi kebutuhan itu. Selanjutnya, lahan itu difungsikan sebagai pemukiman dan pertanian.

Penebangan hutan juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan banyak sekali industri. Aktivitas insan dalam pembukaan hutan sanggup menimbulkan rusaknya kelestarian alam.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah bencana masuknya materi pencemar ke lingkungan. Zat-zat yang mengakibatkan pencemaran disebut polutan. 

Macam-macam Pencemaran Lingkungan

Berdasarkan lokasinya, pencemaran sanggup dibedakan menjadi tiga, yaitu pencemaran air, udara, dan tanah.

a. Pencemaran Air

Sumber-sumber pencemaran air sanggup berupa limbah industri, limbah rumah tangga, dan limbah pertanian.

1) Limbah Industri

Limbah industri mengandung logam berat berbahaya, contohnya merkuri, arsenik, dan kadmium. Zat-zat ini sanggup merusak organ badan manusia. Limbah industri harus diolah dahulu sebelum dibuang ke lingkungan.

2) Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga berupa detergen bekas mencuci pakaian, air dari kamar mandi, kakus, dan dapur. Kotoran-kotoran itu merupakan adonan dari zat-zat kimia, materi mineral, dan materi organik dalam banyak sekali bentuk.

Banyak rumah tangga yang mengalirkan air limbah dan membuang sampah ke sungai. Tindakan ini menimbulkan sungai menjadi tercemar.

Dampak penceran limbah rumah tangga

Perairan yang telah terkotori materi organik ditandai dengan jumlah basil yang tinggi, busuk busuk, dan air yang keruh. Selain itu, air yang terkotori nilai BOD-nya tinggi.

BOD (Biochemical Oxygen Demand) yaitu banyaknya oksigen yang diharapkan oleh mikroorganisme untuk menguraikan sampah organik. Aktivitas basil ini mengakibatkan kandungan oksigen terlarut dalam air (DO = Disolved Oxygen) rendah.

Pencemaran limbah rumah tangga sanggup dikurangi dengan memakai sampo, sabun mandi, atau detergen yang gampang diuraikan (biodegradable). Limbah rumah tangga sebaiknya ditampung dan diolah dalam tangki resapan sebelum dibuang ke sungai atau tanah.

3) Limbah Pertanian

Limbah pertanian sanggup berasal dari pestisida dan pupuk kimia buatan. Sebagian pestisida dan pupuk hanyut dan terbawa ajaran air ke perairan. Pupuk kaya unsur hara (nutrien). Penimbunan pupuk di suatu perairan sanggup menimbulkan terjadinya eutrofikasi.

Eutrofikasi merupakan kondisi suatu perairan yang dipenuhi oleh tumbuhan air atau gulma alasannya yakni perairan tersebut kaya unsur hara atau nutrien. Kondisi ini akan menimbulkan pendangkalan perairan tersebut.

b. Pencemaran Udara

Pencemaran udara yaitu menurunnya kualitas udara hingga pada batas yang mengganggu kehidupan. Polutan sanggup mencemari udara melalui acara insan dan secara alami menyerupai gunung meletus.

Beberapa gas dan partikel pencemar udara antara lain SO2, NO, CO, CO2, CFCs, H2S, debu tanah, karbon asbes, timbal, asam sulfat, dan lain-lain.

Gas H2S berasal dari pembakaran minyak bumi dan kerikil bara, serta dari daerah gunung berapi. Gas CO dan CO2 merupakan hasil pembakaran dari mesin mobil. Selain itu, polutan sanggup juga berasal dari acara industri.

Dampak pencemaran udara

Bagaimanakah dampak terjadinya pencemaran udara? Coba perhatikan tabel berikut ini!
Berikut ini yakni pembahasan ihwal dampak acara insan terhadap lingkungan yang me Pengertian dan Macam-macam Pencemaran Lingkungan beserta Dampaknya
Tabel: Jenis Polutan dan Dampaknya

Pencemaran udara sanggup dikurangi dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan. Penghijauan sanggup dilakukan terutama di sepanjang jalan raya yang padat kemudian lintas kendaraan bermotor. Kita sanggup menanam jenis pohon yang efektif menyerap gas berbahaya, contohnya pohon angsana (Pterocarpus indica).

Indikator Adanya Pencemar Udara

Lichenes atau lumut kerak merupakan organisme yang sangat sensitif terhadap SO2. Pertumbuhannya sanggup sangat terhambat di area dengan kandungan SO2 tinggi. Hal ini sanggup dimanfaatkan untuk memonitor kandungan SO2 di udara di area industri.

c. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah yaitu penurunan kualitas tanah akhir masuknya zat-zat pencemar ke dalam tanah. Sumber zat pencemar antara lain zat kimia penyusun pestisida yang sulit terurai, kaleng, kaca, plastik, dan zat kimia lainnya.

Bahan pencemar ada yang gampang didegradasi oleh mikroorganisme, contohnya sampah organik. Namun, ada pula yang sulit dihancurkan oleh mikroorganisme pengurai, contohnya plastik (PVC).