Negara Kepulauan Di Asia Tenggara: Thailand

Setelah kau mengetahui Negara Malaysia, Singapura dan Vietnam maka pembahasan kali ini akan membahas wacana negara negara kepulauan di ASIA Tenggara, Perekonomian Thailand, Sejarah Pemerintahahn Negara Thailand, keadaan alam Thailand, iklim, muangthai Thailand dan perekonomian Thailand.


Negara Thailand (Muangthai)

Adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. 

Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam hingga tanggal 11 Mei 1949. Kata "Thai" (ไทย) berarti "kebebasan" dalam bahasa Thai, namun juga sanggup merujuk kepada suku Thai, sehingga menjadikan nama Siam masih dipakai di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa. Sumber: Wiki pedia

a. Profil Negara

Nama internasional                                 : Kingdom of Thailand
Luas wilayah                                           : ± 514.000 km2
Ibu kota                                                   : Bangkok (Krung Thep)
Bentuk pemerintahan                              : Kerajaan (Konstitusional)
Kepala negara                                         : Raja
Kepala pemerintahan                              : Perdana Menteri
Lagu kebangsaan                                    : Pleng Chard
Bahasa                                                     : ThaiThai (Siam)
Agama dominan penduduk                   : Buddha (95%)
Mata uang                                               : Bath ( 1 bath = 100 satang)
Bandar udara interna sional                    : Don MuangThai
Perusahaan penerbangan                        : Internasional Airways

b. Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Thailand

 Singapura dan Vietnam maka pembahasan kali ini akan membahas wacana negara negara kepula Negara Kepulauan di ASIA Tenggara: Thailand
Gambar: Keadaan Alam Negara Thailand (Muangthai)

Muangthai atau Thailand disebut juga Negeri Gajah Putih, alasannya gajah putih dianggap
keramat oleh penduduknya.

Thailand sendiri artinya negeri orang merdeka atau negara yang tidak pernah dijajah. Nama resminya sendiri ialah Prathet Thai.

Dahulu orang Eropa menyebut negara ini Siam. Sampai awal kala XX Thailand merupakan kerajaan absolut. Pada tahun 1932 terjadi coup berdarah yang mengubah sistem kekuasaan adikara menjadi sistem kekuasaan terbatas.

Negara Thailand berbentuk kerajaan konstitusional dengan kepala negara seorang raja dan kepala pemerintahan perdana menteri. Tokoh yang populer ialah Raja Bumibol dan Ratu Sirikit.

Konstitusi ditetapkan pada tahun 1968 yang mengandung ketentuan sebagai berikut.

1) Pemerintahan

Negara dikepalai oleh perdana menteri yang dibantu oleh dewan menteri (kabinet). Menteri dalam negeri mengangkat gubernur yang mengepalai tempat provinsi. Jumlah gubernur ada di 71 provinsi. Gubernur mengangkat kepala distrik.

2) Badan legislatif

Ada 2 macam dewan perwakilan rakyat, yaitu senat dan dewan perwakilan rendah. Thailand dibagi menjadi 71 tempat manajemen dan 42.000 buah kota/desa.

c. Keadaan Alam


1) Letak, Luas, dan Batas

Secara astronomis Thailand terletak antara 6OLU–21OLU dan 97OBT–106OBT. Batasbatas wilayah negara Thailand ialah sebagai berikut.

a) Sebelah utara berbatasan dengan negara Laos dan Myanmar

b) Sebelah timur berbatasan dengan negara Kampuchea.

c) Sebelah selatan berbatasan dengan negara Malaysia, dan Teluk Siam

d) Sebelah barat berbatasan dengan negara Myanmar dan Laut Andaman.

Luas negara Thailand 514.000 km2, atau kira-kira 4 kali Pulau Jawa.

2) Iklim

Thailand beriklim tropis dan subtropis, berdasarkan daerahnya sanggup dibedakan menjadi
tiga.

a) Daerah Utara. Pada umumnya mengalami udara lebih hirau taacuh (daerah pegunungan) kalau dibandingkan dengan tempat lainnya.

b) Daerah penggalan Timur. Mengalami ekspresi dominan kering (pada bulan November – Februari) yang dipengaruhi ekspresi dominan hirau taacuh dari Daratan Cina.

c) Daerah Selatan. Mengalami ekspresi dominan hujan (Mei-Oktober) yang berasal dari angin ekspresi dominan Samudra Hindia. Mengalami ekspresi dominan panas yang paling kering pada Februari-Mei.

Secara umum iklim ekspresi dominan di Thailand, sanggup dikelompokkan menjadi tiga, yaitu ekspresi dominan kemarau, terjadi pada bulan November hingga bulan Februari, ekspresi dominan panas, terjadi pada bulan Maret hingga April, ekspresi dominan penghujan, terjadi pada tamat bulan April hingga tamat Oktober.

3) Bentang Alam

Wilayah Thailand dibagi menjadi empat wilayah utama ibarat berikut.

a) Dataran rendah penggalan selatan. Daerah ini merupakan tempat yang paling subur di Thailand dan banyak diusahakan tumbuhan padi.

b) Daerah pegunungan penggalan utara dan barat secara geomorfologi merupakan kelanjutan pegunungan dari Myanmar yang tingginya rata-rata 1000-2000 m di atas permukaan air laut.

Puncaknya ialah gunung Inthanon (2.570m), berupa tanah pegunungan yang tertutup oleh hutan (terutama hutan jati). Karena banyaknya sungai yang mengalir di tempat tersbeut, tanahnya menjadi subur.

c) Wilayah Semenanjung Thailand, yang merupakan daratan sempit, penggalan paling sempit dinamakan Tanah Genting Kra yang membatasi areal Luat Cina Teluk Siam dengan Samudra Hindia di Selatan Malaka.

d) Plato Korat, berupa pegunungan kapur yang tandus dengan irigasi yang tidak baik. Di tempat ini mengalir anak Sungai Mekong Sungai-sungai besar yang ada di negara Thailand ialah Sungai Salween, Sungai Mekhong, Sungai Mun dab Sungai Chi, serta Sungai Menam.

d. Penduduk

Pata tahun 2005, penduduk Thailand berjumlah 72,1 juta jiwa dengan pertumbuhan 0,7% per tahun. Angka kelahiran 20, dan angka kematian 7, dengan kepadatan penduduk 122 orang/km2.

Penduduk Muangthai sebagian besar 98,5%) ialah orang Thai, sisanya ialah orangorang Cina (10%), India, dan Melayu. Mereka berbahasa Thai dengan sebagian besar penduduknya beragama Budha.

e. Perekonomian

Kira-kira 80% penduduk Thailand bermata pencaharian sebagai petani.

1) Sektor Pertanian

Padi ialah hasil utama pertanian. Daerah penghasil beras terbesar terdapat di Lembah Chao Phraya. Selain padi hasil pertanian yang lain ialah karet dan komoditi lain ibarat kopra, kapas, singkong, kelapa, lada, dan lain-lain.

2) Sektor Pertambangan

Bahan tambang utama Thailand ialah timah yang dihasilkan dari Semenanjung Thailand. Hasil tambang lainnya ialah wolfram, timbal, seng, mangan, tembaga, bijih besi, kerikil bara, emas, lignit. Gas alam ditemukan di lepas pantai teluk Siam, dan timah (tambang utama).

3) Sektor Peternakan

Peternakan utama ialah kerbau dan babi, hewan lain yang diternakkan ialah gajah, sapi, babi, ayam, itik, puyuh, dan angsa.

4) Sektor Perikanan

Kegiatan penangkapan ikan banyak dilakukan penduduk di Sungai Chao Phraya, Mekong, Selat Malaka, dan Teluk Siam. Hasil penangkapan ikan ini diekspor dalam bentuk petis ikan dan ikan asin.

5) Sektor Industri dan Perdagangan

Ekspor negeri ini ialah beras, tapioka, karet, ikan kalengan, jagung, gula, timah, dan kerang-kerangan. Impornya berupa minyak bumi, mesin-mesin, produk besi dan baja.

Mitra dagangnya ialah Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jerman, Jepang, Cina, Korea, dan Inggris.

6) Sektor Perhubungan

Thailand mempunyai jalur perhubungan udara, darat, dan laut, bahkan melalui perhubungan sungai. Kegiatan perhubungan antarkota selain melalui sungai-sungai, juga melalui jalan darat dan kereta api.

Bandar udara internasional Dong Muang dan pelabuhan bahari terbesar terdapat di Bangkok. Pelabuhan lautnya Khong Toei, Phuket, Songkla, dan Potani. Chiang May ialah kota paling utara yang mempunyai relasi kereta api dengan Bangkok.

7) Sektor Pariwisata

Pariwisata juga termasuk penghasil devisa yang cukup besar, terutama dengan daya tarik Pantai Pattaya yang populer sangat indah. Beberapa kota pariwisata antara lain: Bangkok, Thonburi, Nakhon Ratchasima dan Ubonratchani, Chiangmai

f. Hubungan Bilateral Thailand dan Indonesia

Hubungan bilateral antara Thailand dan Indonesia mencakup relasi diplomatik, perdagangan, dan transportasi.

g. Kerja Sama Thailand dan Indonesia dalam Skala Regional

1) Indonesia dan Thailand menjadi negara anggota Asean, baik di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya saling bekerja sama saling menguntungkan

2) Indonesia dan Thailand sama-sama aktif dalam acara SEA Games h. Kerja Sama Thailand dan Indonesia dalam Skala Internasional Indonesia dan Thailand sama-sama anggota PBB yang ikut aktif memelihara dan membuat perdamaian dunia.

Upaya keduanya paling konkret terungkap dalam upaya membuat perdamaian di Kamboja.