Pengaruh Atau Akibar Rotasi Dan Revolusi Bumi

Sebagai planet, tentunya matahari akan berevolusi mengelilingi matahari dan berputar pada porosnya (berotasi). Sebagai acara periodik, rotasi dan revolusi bumi pun menawarkan dampak terhadap insiden yang terjadi di bumi.

Pengaruh Rotasi Bumi

Gerak rotasi bumi menjadikan cahaya matahari diterima oleh bagian-bagian bumi secara bergantian. Saat suatu bab bumi terkena cahaya matahari, maka bab tersebut mangalami siang hari.

Sementara, saat bab yang tidak terkena cahaya matahari, maka bab itu mengalami malam. Proses pergantian siang dan malam akan terus terjadi selama bumi masih berotasi.

Akibat lain dari rotasi bumi yaitu munculnya gerak semu dari matahari dan bintang. Ketika kita melihat bintang di malam hari yang tebit dari timur dan karam di barat lalu diganti oleh matahari yang juga muncul di timur dan menghilang di barat pada siangnya, kita mencicipi seperti mereka yang bergerak mengelilingi bumi. Padahal, yang bahwasanya bergerak yaitu bumi.
 tentunya matahari akan berevolusi mengelilingi matahari dan berputar pada porosnya  Pengaruh atau Akibar Rotasi dan Revolusi Bumi
Pengaruh Rotasi dan Revolusi Bumi

Untuk memilih tempat-tempat di bumi, dibuatlah garis-garis khayal berupa koordinat yang terdiri atas garis lintang dan garis bujur. Garis lintang yaitu garis yang ditarik dari barat ke timur sejajar garis khatulistiwa.

Sementara, garis bujur yaitu garis yang ditarik dari kutub utara ke kutub selatan bumi. Rotasi bumi menjadikan perbedaan waktu untuk setiap perbedaan garis bujur. Garis bujur 0° di menetapkan berada di kota Greenwich, sebuah kota di Inggris.

Waktu di kota ini biasanya disebut Greenwich Mean Time (GMT). Tempat yang yang terletak 15° sebelah timur kota ini, mempunyai waktu lebih cepat 1 jam dari GMT. Dan daerah yang berada 15° sebelah barat dari kota itu waktunya lebih lambat 1 jam dari GMT. Dengan kata lain, setiap berbeda 1° garis bujur, waktunya pun akan berbeda 4 menit.

Pengaruh Revolusi Bumi

Selama bergerak, sumbu bumi membentuk sudut 23,5° terhadap garis tegak lurus pada bidang eliptika (bidang edar bumi). Akibatnya, usang pemanasan yang diterima msetiap kutubnya berbeda-beda.

Peristiwa yang merupakan dampak dari revolusi bumi adalah:

a) Adanya pergantian musim.

b) Perubahan lamanya siang dan malam.

c) Gerak semu matahari.

d) Perbedaan lokasi kemunculan benda langit setiap bulannya.