Pengertian Bank Sentral Berdasarkan Bank Indonesia

Pembahasan kali ini membahas perihal pengertian bank, pengertian bank konvensional, pengertian bank umum, pengertian bank sentral, pengertian bank Indonesia, dan pengertian bank.

Bank


Pernahkah kau mengunjungi sebuah bank? Apa yang kau lakukan di sana? Dalam kegiatan perekonomian modern ibarat kini ini sudah sepantasnya jikalau masyarakat memanfaatkan salah satu forum perekonomian ini. 

Bahkan pemerintah bersama Bank Indonesia ketika ini melakukan kegiatan ”Ayo ke Bank” untuk mendorong masyarakat memakai jasa perbankan.

a. Pengertian Bank

Bank ketika ini dikenal sebagai daerah untuk menabung dan meminjam uang. Bank juga dikenal sebagai daerah untuk menukar dan memindahkan uang. 

Tidak hanya itu, bank juga melayani banyak sekali bentuk pembayaran dan setoran, ibarat pembayaran listrik, telepon, air, pajak, kredit, dan uang kuliah. 

Bank merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan. Kegiatan perbankan yang utama yakni menghimpun dana dari masyarakat. 
 Pembahasan kali ini membahas perihal pengertian bank Pengertian Bank Sentral Menurut Bank Indonesia
Bank Sentral

Masyarakat mau menyimpan uangnya di bank sebab ada balas jasa berupa bunga, hadiah, bagi hasil, dan pelayanan. Setelah memperoleh dana dalam bentuk simpanan (funding), oleh bank dana tersebut harus diputar kembali kepada masyarakat dalam bentuk santunan (lending). 

Keuntungan dari perjuangan perbankan diperoleh dari selisih bunga simpanan yang diberikan dengan bunga santunan atau kredit yang disalurkan.

b. Bank Sentral

Bank sentral merupakan bank yang paling utama dan paling penting. Di tiap negara hanya mempunyai satu bank sentral yang cabangnya menyebar di seluruh provinsi. 

Bank sentral bertugas mengatur masalah-masalah yang bekerjasama dengan keuangan negara secara luas. Di Indonesia kedudukan bank sentral dipegang oleh Bank Indonesia. 

Bank Indonesia bertugas mengatur dan mengoordinasi, mengawasi, serta memberi tindakan terhadap bank-bank di Indonesia.