Fisika
Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Katrol Beserta Rumus Dan Contohnya
Berikut ini yakni pembahasan ihwal salah satu jenis pesawat sederhana yaitu katrol yang mencakup pesawat sederhana katrol, pengertian katrol, macam macam katrol, jenis jenis katrol, rumus katrol, pola katrol, pola katrol tetap, pola katrol bebas, katrol majemuk, katrol bergerak.
Hal ini disebabkan penggunaan katrol untuk mengangkat adonan pasir dan semen memiliki laba mekanik yang besar. Katrol sangat baik dipakai untuk memindahkan beban ke atas.
Perhatikan Gambar di bawah! Titik tumpu yang merupakan sentra bundar katrol diberi nama A, lalu AB dan AC masing-masing disebut lengan beban dan lengan gaya.
Keuntungan katrol jenis tunggal ini sama dengan 1. Hal ini dikarenakan perbandingan antara lengan beban dan lengan gaya sama dengan 1. Dapat dirumuskan sebagai berikut.
Titik C merupakan titik tumpu katrol, AC yakni lengan beban dan BC yakni lengan gaya. Katrol jenis ini memiliki laba mekanis 2, artinya perbandingan antara berat beban dan gaya sama dengan dua.
Jika kau mengangkat beban memakai katrol jenis ini, kau hanya perlu menunjukkan gaya sebesar setengah kali berat beban. Dapat dirumuskan sebagai berikut.
Karena BC = 2AC maka laba mekanisnya:
Takal juga sanggup memakai tiga atau empat katrol. Perhatikan Gambar di atas! Keuntungan mekanik tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban.
Pengertian Katrol
Pada uraian yang telah diberikan sebelumnya, tukang bangunan memakai katrol untuk mengangkat adonan pasir dan semen ke lantai atas.Hal ini disebabkan penggunaan katrol untuk mengangkat adonan pasir dan semen memiliki laba mekanik yang besar. Katrol sangat baik dipakai untuk memindahkan beban ke atas.
Katrol adalah suatu roda dengan serpihan berongga di sepanjang sisinya untuk kawasan tali atau kabel. Katrol biasanya dipakai dalam suatu rangkaian yang dirancang untuk mengurangi jumlah gaya yang diperlukan untuk mengangkat suatu beban. (Wikiepedia)
Macam-macam Jenis Katrol
Katrol sanggup dibedakan menjadi katrol tunggal tetap, katrol tunggal bergerak, dan takal.a. Katrol Tunggal Tetap
Sesuai dengan namanya, sistem katrol ini dibentuk sedemikian rupa sehingga katrol tersebut tetap pada posisinya. Contoh yang sering kau lihat sehari-hari, menyerupai katrol yang dipakai untuk menimba air.Perhatikan Gambar di bawah! Titik tumpu yang merupakan sentra bundar katrol diberi nama A, lalu AB dan AC masing-masing disebut lengan beban dan lengan gaya.
Gambar: Skema Prinsip Kerja Katrol Tetap |
Keuntungan katrol jenis tunggal ini sama dengan 1. Hal ini dikarenakan perbandingan antara lengan beban dan lengan gaya sama dengan 1. Dapat dirumuskan sebagai berikut.
b. Katrol Tunggal Bergerak
Katrol tunggal jenis ini dirancang sedemikian rupa sehingga katrol ini bergerak. Perhatikan Gambar di bawah ini!Gambar: Skema Prinsip Kerja Katrol Bergerak |
Titik C merupakan titik tumpu katrol, AC yakni lengan beban dan BC yakni lengan gaya. Katrol jenis ini memiliki laba mekanis 2, artinya perbandingan antara berat beban dan gaya sama dengan dua.
Jika kau mengangkat beban memakai katrol jenis ini, kau hanya perlu menunjukkan gaya sebesar setengah kali berat beban. Dapat dirumuskan sebagai berikut.
Karena BC = 2AC maka laba mekanisnya:
c. Katrol Takal (Majemuk)
Takal yakni katrol beragam yang terdiri atas katrol-katrol tetap dan katrol-katrol bergerak. Takal biasa dipakai untuk mengangkat beban yang berat. Takal sanggup memakai dua katrol di mana satu sebagai katrol tetap dipasang di atas dan satu lagi sebagai katrol bergerak.Gambar: Skema Prinsip Kerja Katrol Majemuk |
Takal juga sanggup memakai tiga atau empat katrol. Perhatikan Gambar di atas! Keuntungan mekanik tergantung jumlah katrol dan tali yang menanggung beban.