Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Pola Bentuk (Relief) Permukaan Bumi

Berikut ini yaitu pembahasan ihwal bentuk relief muka bumi yang mencakup bentuk muka bumi, bentuk relief muka bumi, macam macam bentuk muka bumi, bentuk permukaan bumi, relief daratan, relief permukaan bumi, keragaman bentuk muka bumi, bentuk relief permukaan bumi, pengertian bentuk muka bumi, pengertian relief permukaan bumi, rujukan bentuk muka bumi, jenis jenis bentuk muka bumi.

Pengertian Relief (Bentuk Muka Bumi)

Sebelum membaca artikel ini, pernahkah kau mengamati hamparan dataran permukaan bumi dari atas gedung yang tinggi atau dari tempat pegunungan yang tinggi?

Tentunya akan berbeda dengan apa yang kau lihat pada peta atau globe. Tahukah kau bahwa bentuk permukaan bumi sangat bervariasi antara suatu tempat dengan tempat lainnya.
Bentuk muka bumi yaitu suatu kenampakan yang terlihat pada pemurkaan bumi baik daratan maupun lautan. Bumi kita yang berbentuk lingkaran pepat, apabila difoto dari udara dan pada jarak yang dekat, ternyata mempunyai bentuk yang tidak rata, ada yang berupa tonjolan, cekungan, dan dataran. (Bimbie.com)
Ada yang menjulang membentuk pegunungan, dataran tinggi, dan ada membentuk lembah, danau atau sungai. Kombinasi dari keragaman bentuk muka bumi menciptakan bumi sebagai salah satu planet ciptaan Tuhan tampak indah.

Macam-macam Bentuk Muka Bumi

Berikut yaitu beberapa rujukan bentuk muka bumi, diantaranya;

1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi yaitu suatu tempat berbentuk datar di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya mempunyai suhu udara yang sejuk dengan tanah yang subur sehingga cocok dipakai untuk pengembangan tempat pertanian.

Tidak semua dataran tinggi di atasnya sempit, melainkan terdapat pula dataran tinggi yang puncaknya datar dan cukup luas, dataran tinggi semacam ini biasa disebut plato.

Baca selengkapnya: Contoh Datara Tinggi (Plato) di Dunia

2. Pegunungan

Gunung yaitu suatu daratan yang menjulang lebih tinggi. Sekumpulan gunung berjejer membentuk pegunungan yang panjangnya biasanya sanggup mencapai ribuan kilometer serta membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuknya.

Pegunungan terbentuk sebab pergerakan lapisan kerak bumi. Adapun kerak bumi terbentuk dari lempeng yang ringkih dikala lapisan mantel di bawah kulit bumi bergerak perlahan-lahan.

Baca selengkapnya: Pegungungan Tertinggi dan Terpanjang di Dunia

3. Danau

Danau yaitu kumpulan genangan air yang cukup luas dan dikelilingi oleh daratan. Terdapat beberapa danau yang ukurannya sangat besar sehingga dinamakan maritim pedalaman.

Air danau biasanya berbeda dengan air maritim yang asin, air danau segar dan rasanya tidak asin. Namun, memang terdapat beberapa danau yang airnya menguap dikala terkena panas matahari sehingga air yang tersisa terasa sangat asin.

Danau juga sanggup diartikan sebagai sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas dan sanggup terjadi sebab mencairnya gletser, pedoman sungai, atau sebab adanya mata air. Biasanya danau sanggup dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.

Kebanyakan danau yaitu air tawar dan banyak terdapat di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Finlandia dikenal sebagai “Tanah Seribu Danau” dan Minnesota dikenal sebagai “Tanah Sepuluh Ribu Danau”. Sekitar 60% danau dunia terletak di Kanada.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Danau dan Contoh Danau Terbesar di Dunia dan Indonesia

4. Lembah

Lembah yaitu suatu cekungan yang ukurannya panjang di permukaan bumi. Lembah terbentuk oleh air dan es yang mengikis pegunungan atau di suatu tempat lapisan kerak bumi yang merekah sehingga sebidang daratan terperosok.

Lembah sanggup dimaknai juga sebagai wilayah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan yang luasnya dari beberapa kilometer persegi hingga mencapai ribuan kilometer persegi.

Lembah sanggup terbentuk dari beberapa proses geologis. Lembah gletser yang umumnya berbentuk-U terbentuk puluhan ribu tahun yang kemudian akhir abrasi gletser. Selain berbentuk-U, lembah juga sanggup berbentuk-V.

Beberapa lembah yang populer di dunia diantaranya:
  • Grand Canyon (Amerika Serikat)
  • Death Valley (Amerika Serikat)
  • Lembah Indus (Pakistan)

5. Sungai

Sungai yaitu pecahan dari permukaan bumi yang membentuk jalan raya alami dan membawa air dari pegunungan menuju lautan. Sungai biasanya sanggup mengubah permukaan daratan serta mengukir lembah dan jurang sepanjang lapisan batuan yang dilaluinya. Sungai berawal dari pecahan tinggi di pegunungan yang sumbernya sanggup berupa sebuah danau, rawa, atau gletser yang mencair.

Mulai dari percikan air yang kecil, sungai berkembang makin besar secara terusmenerus seiring dengan bergabungnya sungai-sungai kecil yang disebut anak sungai dan bergabung dengan sungai utama.

Dalam perjalanannya mencari jalur yang paling cepat ke laut, sungai mengalir dari sisi curam lembah dan alhasil jatuh sebagai air terjun, sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil di Mesir, sepanjang 6.670 km.

Baca juga: Harga Keseimbangan Pasar