Pengertian Dataran Tinggi (Plato) Dan Tumpuan Dataran Tinggi

Berikut ini ialah pembahasan wacana dataran tinggi yang mencakup pengertian dataran tinggi, pengertian plato, tumpuan dataran tinggi, tumpuan plato, dataran tinggi dieng, wisata dataran tinggi dieng.

Pengertian Dataran Tinggi

Dataran tinggi merupakan salah satu tumpuan unsur pembentuk permukaan bumi diantara macam-macam bentuk permukaan bumi lainnya.

Apakah yang dimaksud dengan dataran tinggi?
Dataran tinggi yaitu suatu tempat berbentuk datar di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. 
Dataran tinggi biasanya mempunyai suhu udara yang sejuk dengan tanah yang subur sehingga cocok dipakai untuk pengembangan tempat pertanian.

Tidak semua dataran tinggi di atasnya sempit, melainkan terdapat pula dataran tinggi yang puncaknya datar dan cukup luas, dataran tinggi semacam ini biasa disebut plato.
Dataran tinggi disebut juga plateau atau plato dapat diartikan juga sebagai dataran luas yang bergelombang dan berbukit-bukit serta terletak pada ketinggian di atas 200 m. 
Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil pengikisan dan sedimentasi. 

Contoh Datara Tinggi 

Beberapa dataran tinggi antara lain Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas.

Dataran tinggi sanggup juga terjadi oleh bekas kaldera luas, yang tertimbun material dari lereng gunung sekitarnya. Dataran tinggi dari kategori terakhir ini antara lain ialah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah Indonesia.