Pengertian Dan Rumus Cepat Rambat Suara Serta Rujukan Soal Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Berikut ini merupakan pembahasan perihal cepat rambat bunyi yang mencakup definis cepat rambat bunyi, pengertian cepat rambat bunyi, rumus cepat rambat bunyi, pola soal cepat rambat gelombang bunyi dan cepat rambat bunyi dalam beberapa medium.

Cepat Rambat Bunyi

Saat melihat cahaya halilintar, kau akan mendengar bunyi sesudah beberapa saat. Hal ini disebabkan lantaran bunyi sebagai gelombang mempunyai cepat rambat yang lebih kecil daripada cepat rambat cahaya.

Bunyi merambat melalui suatu medium dengan cara memindahkan energi dari satu molekul ke molekul lain dalam medium tersebut. Dalam medium yang berbeda dan/atau kondisi yang berbeda, bunyi mempunyai cepat rambat yang berbeda.

Dibandingkan dengan medium cair atau gas, gelombang bunyi merambat lebih cepat dalam zat padat. Hal ini disebabkan lantaran jarak antarmolekul dalam zat padat lebih rapat sehingga perpindahan energi dari molekul satu ke molekul yang lain berjalan lebih cepat.

Cepat rambat bunyi dalam beberapa medium atau zat mediator sanggup kau lihat dalam tabel berikut.
Tabel: Daftar cepat rambat bunyi beberapa medium

Seperti halnya kecepatan benda yang bergerak lurus beraturan, bunyi pun mempunyai cepat rambat yang dirumuskan dengan:
v = s/t
Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
s = jarak yang ditempuh (m)
t = waktu tempuh (s)

Contoh Soal Cepat Rambat Bunyi

1. Irni mendengar bunyi petir 2 detik sesudah beliau mendengar kilatan cahaya. Jika cepat rambat bunyi pada ketika itu 347 m/s, berapakah jarak Irni dari daerah terjadinya petir?

Penyelesaian:
Diketahui: t = 2 s
v = 347 m/s
Ditanya: s = ?

Jawab:
s = v t
  = 347 ⋅ 2
  = 694
Jadi, daerah terjadi petir berjarak 694 meter dari Irni.

2. Ati berada pada jarak 100 meter di depan sebuah panggung musik. Jika cepat rambat bunyi di udara pada ketika itu ialah 340 m/s, berapakah rentang waktu yang diperlukan bunyi penyanyi sehingga hingga di indera pendengaran Ati?

Penyelesaian:
Diketahui: s = 100 m
v = 340 m/s
Ditanya: t = ?

Jawab:
t = s/v
  = 100/340
  = 0,29
Jadi, rentang waktu yang diperlukan bunyi penyanyi hingga di indera pendengaran Ati ialah 0,29 detik.