Pengertian Dan Rumus Perjuangan Serta Teladan Soal Usaha

Berikut ini yaitu klarifikasi singkat wacana usaha, yang mencakup pengertian usaha, rumus usaha, teladan perjuangan dan teladan soal wacana usaha.

Mendorong kendaraan beroda empat merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan tenaga. Ketika kau mendorong kendaraan beroda empat sampai bergerak, kau telah melaksanakan usaha.

Apa yang dimaksud dengan usaha? Bagaimanakah cara mempermudah usaha? Alat-alat apa saja yang sanggup membantu perjuangan manusia? Ayo temukan jawabannya dalam pembahasan ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, kau tentu membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk melaksanakan kegiatan. Misalnya, mendorong meja dan lemari semoga berpindah tempat. Kegiatan semacam ini disebut usaha. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah uraian berikut.

Pengertian Usaha

Pada pelajaran yang lalu, kau telah mengetahui bahwa benda sanggup bergerak alasannya yaitu adanya gaya. Suatu gaya yang dilakukan pada sebuah benda dan menjadikan benda itu bergerak disebut usaha. Bahasan wacana perjuangan inilah yang akan kau pelajari sekarang.
Usaha adalah suatu gaya yang dilakukan pada sebuah benda dan menjadikan benda itu bergerak. Dalam fisika, perjuangan didefinisikan sebagai hasil kali antara gaya dan perpindahan benda. 

Rumus Usaha

Satuan perjuangan dalam SI yaitu Joule (J). Secara matematis, perjuangan dirumuskan sebagai:
W = Fs
Keterangan:
W = perjuangan (Joule, J)
F = gaya (N)
s = perpindahan (m)
Usaha sebesar 1 Joule dilakukan apabila gaya sebesar 1 Newton memindahkan benda sejauh 1 meter.

Contoh Soal Tentang Usaha

Dalam aktivitas beres-beres kelas, Dito telah berhasil menggeser sebuah lemari sejauh 5 m dibantu dua orang temannya, Budi dan Arto. Jika gaya yang diberikan Dito yaitu 10 N, Budi sebesar 20 N, dan Arto sebesar 15N, berapakah besar perjuangan yang telah mereka lakukan?
Berikut ini yaitu klarifikasi singkat wacana perjuangan Pengertian dan Rumus Usaha serta Contoh Soal Usaha
Gambar: Contoh Usaha

Penyelesaian:
Diketahui : s = 5 m ; F1 = 10 N ; F2 = 20 N ; F3 = 15 N.

Ditanya : W

Jawab:
Usaha dikerjakan oleh tiga orang, maka:
ΣF = F1 + F2 + F3 = (10 + 20 + 15) N = 45 N
sehingga
W = ΣFs
    = 45 N ⋅ 5 m
    = 225 N/m
    = 225 J
Jadi, perjuangan yang dilakukan oleh Dito, Budi, dan Arto untuk menggeser meja yaitu sebesar 225 N.