Letak Geografis Asia Tenggara Sangat Strategis Sebab Terletak Di Antara

Pembahasan kali ini akan membahas wacana letak geografis asia tenggara, letak asia tenggara, peta asia tenggara, gambar peta asia tenggara, asia tenggara, peta asia tenggara lengkap,

Letak Asia Tenggara

Kawasan Asia Tenggara merupakan bab dari Benua Asia di sebelah tenggara. Letak Asia Tenggara sanggup ditinjau berdasarkan posisi geografis dan letak geografis.

a. Posisi Geografis

Posisi geografis merupakan letak suatu daerah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang yakni garis khayal yang sejajar dengan ekuator, yang melingkari permukaan bumi secara mendatar.

Garis bujur yakni garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan, serta membentuk setengah bulat bumi. Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Asia Tenggara pada posisi 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.

Kawasan Asia Tenggara dilewati garis khatulistiwa (ekuator) dan garis balik utara. Posisi geografis Asia Tenggara ini memengaruhi iklim dan kegiatan ekonomi penduduk.
Pembahasan kali ini akan membahas wacana letak geografis asia tenggara Letak Geografis Asia Tenggara Sangat Strategis Karena Terletak di Antara
Letak Geografis ASIA Tenggara

Negara paling utara di Asia Tenggara yakni Myanmar dan paling selatan yakni Indonesia. Negara paling barat di Asia Tenggara yakni juga Myanmar dan paling timur yakni juga Indonesia.

b. Letak Geografis

Letak geografis merupakan letak suatu daerah dilihat di permukaan bumi bersama-sama atau ditinjau dari daerah sekitarnya.

Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas-batas daerah Asia Tenggara sebagai berikut.

1) Utara : Negara Cina.
2) Selatan : Negara Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia.
3) Barat : Negara India, Bangladesh, dan Samudra Hindia.
4) Timur : Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Letak daerah Asia Tenggara sangat strategis alasannya yakni berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negaranegara barat dan timur sehingga daerah ini menguntungkan bagi peningkatan acara perdagangan dan pariwisata di daerah Asia Tenggara.