Tugas Moderator Dalam Diskusi

Pokok pembahasan kali ini yakni ihwal pengertian moderator, kiprah pokok moderator dalam diskusi dan seminar, kiprah notulen/notulis dalam diskusi, kiprah akseptor diskusi, kiprah pembicara dalam diskusi, kiprah penyaji dalam diskusi, tips menjadi moderator, dan kiprah pemimpin diskusi.

Pengertian Diskusi

Diskusi merupakan suatu acara bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Kegiatan diskusi sanggup dilakukan dalam situasi formal maupun situasi nonformal.

Diskusi dalam situasi formal perlu menghadirkan keberadaan seorang pemandu (moderator), penyaji, notulis, dan peserta. Adapun diskusi secara nonformal, kehadiran personel-personel tersebut tidak harus diisi secara terang (pokok).

Pengertian Moderato

Pokok pembahasan kali ini yakni ihwal pengertian moderator Tugas Moderator dalam Diskusi
Diskusi
Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dsb) atau pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada program pembicaraan atau pendiskusian masalah.

Sebelum kalian melaksanakan diskusi bersama kelompok kalian, terlebih dahulu persiapkan kelengkapan dan hal-hal yang diharapkan dalam diskusi. Proses diskusi kelompok sanggup kalian awali dengan penentuan moderator, sebagai pemandu jalannya diskusi, dan pencatat hasil-hasil diskusi.

Tugas moderator

Ada beberapa hal penting yang perlu kalian ingat ketika kalian menjadi moderator. Beberapa hal tersebut yaitu berikut.

1. Mampu mengendalikan dan mengarahkan jalannya diskusi guna memecahkan duduk kasus secara efektif dan efisien.

2. Dapat menjadi media terhadap tanggapan-tanggapan yang masuk, baik berupa pertanyaan maupun pernyataan dalam upaya mencari solusi duduk kasus yang didiskusikan.

3. Dapat mendapatkan atau menolak usulan, pertanyaan, maupun jawaban yang sesuai atau tidak sesuai berkaitan dengan upaya menemukan solusi persoalan.

4. Bersifat netral atau objektif.